Kado Manis BNI Syariah Raih Penghargaan Warta Ekonomi

Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah kembali meraih penghargaan sebagai bank berpredikat “sangat sehat” di kategori syariah BUKU II dan III dari Warta Ekonomi. Penghargaan ini diberikan secara virtual dalam acara Indonesia Best Bank Award 2020 “Facing the Uncertainty & Transforming Business Sustainability” (Foto : Dok. Warta Ekonomi)

Bisnistoday.id, JAKARTA : Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah kembali meraih penghargaan sebagai bank berpredikat “sangat sehat” di kategori syariah BUKU II dan III dari Warta Ekonomi. Penghargaan ini diberikan secara virtual dalam acara Indonesia Best Bank Award 2020 “Facing the Uncertainty & Transforming Business Sustainability”

Pemimpin Divisi Kesekretariatan dan Komunikasi Perusahaan BNI Syariah, Bambang Sutrisno mengatakan, pihaknya berterima kasih pada pihak Warta Ekonomi atas kepercayaan dalam pemberian tersebut.

“Penghargaan ini diperoleh berkat kepercayaan dari segenap nasabah dan kerja keras seluruh pegawai. Semoga penghargaan ini terus memacu kami untuk meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik kepada segenap stakeholders,” kata Bambang dalam keterangan resmis di Jakarta, Jumat (21/8/2020).

Katakan Bambang,di  tengah kondisi perekonomian yang belum stabil akibat pandemi Covid-19, BNI Syariah terus tumbuh positif dan stabil. Hingga saat ini , BNI Syariah tercatat telah naik kelas ke BUKU III pada triwulan I tahun 2020. BNI Syariah juga mencetak laba bersih Rp214,01 miliar pada triwulan I 2020, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar dengan penyaluran pembiayaan sebesar Rp32,33 triliun dan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp44,86 triliun.

Dengan pertumbuhan laba yang positif, rasio profitabilitas BNI Syariah pun meningkat ditandai dengan meningkatnya ROE (Return on Equity) secara signifikan dari 12,79% di triwulan I tahun 2019 menjadi 17,95% di triwulan I tahun 2020. Sementara itu, rasio ROA (Return on Asset) juga naik dari 1,66%  di triwulan I tahun 2019 menjadi 2,24% di triwulan I tahun 2020.

Dalam menjalankan bisnis kata Bambang, BNI Syariah didukung oleh kuatnya sinergi dengan BNI Group, berfokus pada segmen pembiayaan dengan risiko yang terkendali, melakukan efisiensi biaya operasional, dan berfokus pada Halal  Ecosystem.

“Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, kami memiliki uang elektronik syariah pertama yang dimiliki perbankan yaitu Hasanahku,” sambung Bambang.

Perlu diketahui, dalam penghargaan Warta Ekonomi Best Bank Award 2020, Warta Ekonomi menggunakan metode desk research dengan menggunakan laporan tahunan (annual report) yang dipublikasi masing-masing bank. Data-data yang ada di dalam laporan tahunan tersebut kemudian diolah oleh tim peneliti Warta Ekonomi. Indikator-indikator kemudian dikumpulkan dan diberi skor serta bobot. Secara umum, bobot masing-masing aspek ialah profil risiko sebesar 25%, GCG sebesar 20%, rentabilitas sebesar 30%, permodalan sebesar 15%, dan kinerja intermediasi sebesar 10%.

Penghargaan secara virtual ini langsung diberikan pada BNI dan diserahkan oleh CEO & Chief Editor wartaekonomi.co.id, Muhamad Ihsan. Acara ini turut dihadiri Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah dan Founder & Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad.

Penulis : Tim Bisnistoday.id

Editor   : Wardhana

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *