Gubernur Jatim Dorong Pelaku UMKM Untuk Bangkit Saat Pandemi Covid-19

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa terus mendorong pelaku UMKM di Jatim agar terus bangkit usahanya disaat masa pandemi Covid-19 (Foto : Istimewa)

Bisnistoday.id, SURABAYA : Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa terus mendorong  pelaku UMKM di Jatim agar terus bangkit usahanya disaat masa pandemi Covid-19, walaupun sebenarnya, mengalami permasalahan dan kendala bagi pelaku UMKM.

Untuk itu kata wanita nomer satu diJatim, salah satu upaya untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19 ini  adalah dengan menggerakkan pelaku UMKM. Sebab, selama ini penggerak perekonomian Jatim didominasi pelaku UMKM.

Khofifah mencontohkan, diKabupaten Pamekasan  Geliat pertumbuhan pelaku UMKM di Jatim mampu berkontribusi terhadap PDRB Jatim sebesar 54 persen. Ditambah lagi, jumlah pelaku UMKM juga telah mencapai 9,78 juta.

“Ajakan ini menjadi salah satu strategi untuk memulihkan ekonomi Indonesia khususnya di Jatim akibat pandemi Covid-19,” kata Khofifah di Surabaya kemarin (15/9/2020)

Menurutnya, secara bersama-sama memaksimalkan, mendorong, sekaligus menyerap produk-produk UMKM Jatim.

“Produk industri kreatif seperti desain batik misalnya sangat luar biasa. Karenanya, kreativitas dan inovasi terhadap desain batik yang sudah menjadi produk harus segera didaftarkan kepada Hak Kekayaan Intelektual. Supaya ini menjadi bagian dari penguatan pengakuan ekonomi kreatif (ekotif) yang membutuhkan inovasidan kreativitas,” ujar Khofifah.

Tak hanya itu saja sebut Khofifah, mengajak seluruh masyarakat untuk bangga buatan Indonesia, khususnya Jatim terutama varian  batik Jatim. Apalagi, hasil batik yang dihasilkan pelaku UMKM dan pengrajin batik di Jatim  sangat luar biasa. Bahkan, hal ini senada dengan semangat tema HUT ke-75 RI yaitu Bangga Buatan Indonesia.

Penulis : M. Sahri

Editor   : Ali

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *