Kemenparekraf Latih Pelaku UMKM Berbasis Digital

Tercatat Kementerian Keuangan per April 2020 lalu adanya pandemi Covid-19 cuku berdampak bagi pelaku UMKM. (Foto : Istimewa)

Bisnistoday.id, JAKARTA : Tercatat Kementerian Keuangan per April 2020 lalu adanya pandemi Covid-19 cuku berdampak bagi pelaku UMKM. Padahal, sektor ini (UMKM)memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total PDB Indonesia. Selain itu, UMKM menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja.

Untuk tetap eksis para pelaku tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka kesempatan bagi pelaku bisnis kreatif untuk mendalami pemasaran lewat digital. Tujuannya, agar penguasaan pemasaran digital tidak sekedar membuat pelaku UMKM di Subsektor Kriya mampu bertahan, tapi juga mampu menembus pasar ekspor secara efisien.

“Beralih ke digital merupakan solusi paling efektif. Bila pemilik usaha bisa semakin kreatif memasarkan produk lewat dunia digital, maka sebagian masalah penjualan akan teratasi. Yang penting, mereka sungguh-sungguh mendalami strategi pemasaran digital,” terang Deputi Bidang Ekonomi Digital & Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf. Muhammad Neil El Himam dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (21/9/2020)

Itulah sebabnya kata Muhammad Neil El Himam, pihaknya menginisiasi program pelatihan Peningkatan Kompetensi Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Pemasaran Digital. Program ini akan dilakukan secara berkelanjutan selama 5 hari mulai dari 28 september nanti.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti menyebutkan, akan terus mendukung pelaku UMKM khususnya Subsektor Kriya untuk segera go digital.

“ Ini bentuk dukungan kami kepada pengusaha kriya agar memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Berikutnya, kami juga sedang mempertimbangkan untuk membuat kelas untuk pelaku industri kreatif lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Tim Bisnistoday.id

Editor   : Ali

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *